Wednesday, November 27, 2013

SEKILAS TENTANG CREDIT UNION

Perkumpulan orang-orang yang saling percaya dengan pengambilan keputusan oleh rapat anggota yang berprinsip satu orang satu suara, dengan tujuan bukan memperbesar untung lembaga, namun mengelola keuangannya dengan cara mengumpulkan tabungan bersama untuk dipinjamkan kepada para anggotanya dengan cara-cara profesional dan cerdas yang membawa manfaat dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi-sosialnya, antara lain dengan menyelenggarakan balas jasa simpanan lebih tinggi daripada balas jasa pinjaman, melakukan pelayanan keuangan lainnya bagi anggota, terutama mengadakan penjaminan pinjaman dan simpanan manakala anggota meninggal dunia atau cacat tidak dapat bekerja seumur hidup, dengan sesedikit mungkin beban biaya.

Credit Union berasal dari kata bahasa Latin: Credere = percaya, dan Unio = perkumpulan. Jadi yang utama dalam sebuah Credit Union adalah bukan kumpulan uang tetapi kumpulan orang. Oleh karena itu pendidikan berorganisasi dan berkarakter kebersamaan, solidaritas, kegotong-royongan, keadilan dan kesejahteraan bersama menjadi kunci dari Credit Union. Uang adalah akibat dari perkumpulan yang kuat dan cerdas, bukan sebuah alasan.

Credit Union kini tidak hanya berfungsi sebuah lembaga yang hanya mengelola keuangan, Credit Union juga merupakan sebuah gerakan yang didasari oleh sikap saling percaya. Tujuannya adalah untuk saling memberdayakan, memperkuat solidaritas, dan memperkokoh kesejahteraan masyarakat . dimanapelakunya adalah anggota itu sendiri. dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Pemberdayaan di segala aspek kehidupan anggota, mulai dari aspek ekonomi, moral-sosial, politik, dan hukum.ini memperjelas bahwa CU bukan hanya sebagai sebuah lembaga yang hanya mengelola keuangan saja.

Credit Union lahir dari pendidikan, berkembang melalui pendidikan dan bergantung dari penddikan, oleh karena itu setiap calon anggota(masyarakat) yang akan bergabung dengan CU wajib untuk mengikuti pendidikan. Tujuan utama pendidikan adalah untuk mengenal dan memperdalam seluk beluk Credit Union, penyamaan visi misi sebagai anggota Credit Union, perubahan-perubahan aspek mental, emosional, perubahan prinsip dan paradigma hidup.

CU merupakan kumpulan orang-orang dari latar belakang berbeda. Ada pedagang, petani, pegawai, pengusaha, buruh dan sebagainya yang mau bekerja sama. orang-orang tersebut mengumpulkan uang untuk modal bersama dan di pinjamkan kepada sesama pula.

Prinsip Utama Membangun Credit Union
1.Tabungan Hanya Dapat di peroleh Dari anggotanya(Swadaya).
2. Pinjaman hanya diberikan kepada anggotanya saja.
3. Jaminan terbaik sipeminjam adalah watak sipeminjam itu sendiri.

Dalam tata pengambilan keputusan Credit Union memakai azas demokrasi a la koperasi Rochdale, Inggris: yakni berapapun uang tabungannya, satu orang hanya berhak mempunyai suara satu.
Karena sifat mandiri dan berdaulat dari Credit Union, maka Credit Union tidak menerima penyertaan modal dari luar. Inilah perbedaan antara Credit Union dan lembaga keuangan mikro (microfinance) pada umumnya. Microfinance dapat menerima penyertaan modal, pun cara pengambilan keputusan kebanyakan mengacu pada lembaga keuangan bank swasta: sejauh dan sebesar sahamnya. Contoh dari Microfinance adalah BPR, Grameen Bank, Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Gema PKM, dlsb.

1 comment: