Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok,
molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni,
pemandangan alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung),
manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah ( perabot
rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,
keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar
atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi
sosial, dan budaya.
Keindahan dalam arti
yang luas merupakan pengertian yang mengandung arti kebaikan dan menyenangkan.
Keindahan dalam arti yang sempit menyangkut benda-benda yang dapat diserap oleh
penglihatan
Teori objektif berpendapat
bahwa keindahan atau ciri-ciri khusus yang membuat sesuatu benda menjadi indah
atau bernilai estetis adalah terpenuhinya azas-azas tertentu mengenai bentuk
pada sesuatu benda, terlepas dari orang yang mengamatinya. Pengamatan seseorang
hanyalah menemukan atau menyingkapkan sifat-sifat indah yang sudah ada pada
sesuatu benda dan pengamatan, sama sekali tidak berpengaruh untuk mengubah
keindahan tersebut, seperti karya seni yang diciptakan seseorang. Sebaliknya teori
subjektif tentang keindahan mengatakan bahwa keindahan bukan dari
ciri-ciri khusus tetapi tanggapan perasaan dalam diri seseorang yang mengamati
sesuatu benda artinya keindahan semata-mata tergantung pada penyerapan dari
sipengamat tersebut. Keindahan berhubungan erat dengan keserasian dan kehalusan
seperti model busana dimana tercapai keseimbangan yang sesuai dengan bentuk
tubuhnya, tinggi badan, bentuk wajah dan modal rambutnya. Didukung oleh
perilakunya yang halus dan sopan, lemah lembut dalam mengucapkan kata dan rendah
hati. Sehingga menimbulkan
efek yang positif bagi yang melihat ataupun merasakan keindahan itu sendiri..
Indonesia adalah salah
satu negara di dunia yang menyimpan banyak potensi alam baik daratan maupun
lautan (pantai).
Banyaknya wisatawan
dengan intensitas tinggi yang berkunjung ke Indonesia, ini merupakan salah satu
keuntungan yang dapat meningkatkan devisa untuk pembangunan bangsa dan negara
Pariwisata di
Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Berdasarkan
data tahun 2010, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sebesar
7 juta lebih atau tumbuh sebesar 10,74% dibandingkan tahun sebelumnya, dan
menyumbangkan devisa bagi negara sebesar 7.603,45 juta dolar Amerika Serikat.
Potensi
yang besar ini seharusnya dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi. Jika dilihat
dari aspek pemasaran,seharusnya sseorang manajer dapat melakukan: proses
penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam
kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Proses dalam pemenuhan
kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai
dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang
(place), dan mempromosikan barang (promotion).
Promosi adalah upaya
untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan
menarik calon konsumen untuk membeli
atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi prodeusen atau distributor
mengharapkan kenaikan angka penjualan.
Tujuan promosi di antaranya adalah:
1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang
diinginkan.
7. Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen
Beberapa cara untuk melakukan promosi adalah:
3. Melalui pembicaraan
Pada dasarnya Marketing
Mix terdiri dari 4 P. Dari sudut pandang Konsumen, 4 P tersebut bisa
dijelaskan dalam 4 C :
1. Product adalah Customer
Solution
Produk adalah suatu
materi yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen, baik
berupa barang atau jasa. Produk adalah apapun yang bisa ditawarkan
ke suatu kelompok pelanggan atau pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau
kebutuhan. Artinya manfaat produk tersebut akan menjadi solusi dari
kebutuhan atau keinginan konsumen.
2. Price adalah Customer
Cost
Harga adalah jumlah uang
yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk memperoleh produk yang dipasarkan.
Artinya Harga adalah besar pengorbanan konsumen untuk mendapatkan produk yang
dapat memenuhi kebutuhannya. Bagi produsen Harga juga sangat penting karena
menentukan tingkat laba perusahaan, dengan kata lain juga keberlangsungan
perusahaan.
Besarnya harga juga
menjadi pertimbangan dalam menentukan segmen pasar yang dibidik, apakah dapat
terjangkau oleh konsumennya atau tidak. Dengan demikian juga dapat
diperhitungkan target penjualan yang akan dicapai oleh perusahaan.
3. Promotion adalah Communication
Promosi dapat
diinterpretasikan dalam dua cara :
Promosi adalah cara
berkomunikasi kepada konsumen, baik melalui iklan, personal selling, atau
Public Relation. Promosi juga bisa dengan cara Word-of-mouth yang
merupakan komunikasi informal secara perorangan. Sering dilakukan oleh
tenaga sales. Promosi juga akan memberikan brand imagekonsumen terhadap
produk.
4. Place adalah Convenience
Place bermakna
menyediakan produk pada suatu tempat yang memberikan kenyamanan bagi konsumen
untuk mengaksesnya. Place juga bisa disamakan dengan channel atau
distribusi. Penyebaran outlet-outlet di berbagai tempat strategis termasuk
salah satu upaya untuk memenuhi kenyamanan ini.
Extended Marketing
Mix menambahkan 3 P lagi, sehingga menjadi 7 P, dan merupakan
strategi pemasaran yang mengembangkan variable yang controllable dari
4 P semula. Jika Bauran Pemasaran 4 P semula lebih diarahkan pada produk
berwujud (goods), maka 3 P berikutnya lebih digunakan pada industri jasa.
Berikut ini
adalah 3 P yang ditambahkan :
5. People
People (orang)
dibutuhkan untuk memulai proses transaksi. Jadi semua orang yang secara
langsung mau pun tidak langsung terlibat dalam penggunaan jasa oleh konsumen
merupakan bagian yang penting dalam Bauran Pemasaran. Karyawan dan
manajemen yang cerdas sering memberikan nilai tambah yang tinggi pada total
penawaran produk atau jasa dari suatu perusahaan.
6. Process
Menggambarkan prosedur,
mekanisme dan aliran kegiatan yang dialami konsumen tersebut untuk mendapatkan
pelayanan jasa. Proses manajemen pelanggan tersebut merupakan bagian yang
penting dalam suatu strategi pemasaran. Dalam pelayanan pelanggan, sejumlah proses
terlibat dalam rangka keberhasilan pemasaran. Misalnya proses untuk penanganan
keluhan pelanggan, proses mengidentifikasi kebutuhan dan persyaratan pelanggan,
atau proses untuk menangani order.
7. Physical
Evidence
Merupakan alat untuk
meyakinkan konsumen. Memperlihatkan kemampuan perusahaan untuk memberikan
pelayanan, baik dengan bukti fisik yang mendukung komunikasi dan pelayanan, mau
pun bukti tidak berwujud berupa pengalaman dari konsumen yang sudah
ada dan perusahaan dapat memanfaatkan kesaksian pelanggan yang puas tersebut
kepada calon pelanggan potensial lainnya.
Dari hasil browsing di
internet, dapat ditemukan beberapa tambahan untuk Extended Marketing Mix
lainnya, antara lain :
Pace = kecepatan
pengenalan produk-produk baru kepada konsumen di pasar.
Perception = cara
pandang sekelompok orang terhadap produk, terutama para konsumen.
Persepsi konsumen dapat direkayasa dengan berbagai informasi dan komunikasi.
Packaging = kemasan
merupakan kontak pertama pelanggan pada produk. Kesan pelanggan terbentuk pada
saat pertama kali melihat kemasannya (first impression last longest).
Publicity =
pembentukan citra perusahaan harus dikembangkan untuk menarik pelanggan baru.
Patience = terutama
dalam industri jasa, kesabaran penanganan pelanggan sangat menentukan sukses
tidaknya pemasaran suatu produk.
Programming =
pemanfaatan IT (Information Technology) untuk meningkatkan akses dari dan
kepada pelanggan. Sangat menentukan dalam era E-commerce sekarang
ini.
Pariwisata menurut A.J. Burkart dan S. Medlik dalam Soekadijo
(1997:3) adalah
Perpindahan orang untuk
sementara (dan) dalam jangka waktu pendek ke tujuan-tujuan diluar tempat di
mana mereka biasanya hidup dan bekerja, dan kegiatan-kegiatan mereka selama
tinggal di tempat-tempat tujuan itu. Pariwisata merupakan salah satu industri baru
yang mampu menyediakan pertumbuhan ekonomi yang cepat dalam hal kesempatan
kerja, pendapatan, taraf hidup dan dalam mengaktifkan sektor produksi lain di
dalam negara penerima wisatawan.
Pariwisata sebagai suatu industri yang kompleks, yang meliputi
industri-industri lain seperti industri perhotelan, industri rumah makan,
industri kerajinan/ cinderamata, industri perjalanan dan sebagainya. Indonesia
adalah salah satu negara di dunia yang menyimpan banyak potensi alam baik
daratan maupun lautan (pantai). Sebagai contohnya yaitu obyek wisata pantai
Randusanga. Obyek Wisata Pantai Randusanga Indah merupakan satu-satunya
obyek wisata pantai yang ada di Kabupaten Brebes, terletak di Kelurahan
Randusanga Wetan, Kecamatan Brebes yang berjarak + 6 Km dari Kota Brebes.
Pemberian informasi kepada wisatawan sangat penting dilakukan,
karena dapat memberikan gambaran yang menyeluruh kepada wisatawan dan calon
wisatawan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan kepariwisataan
yang ada di Obyek Wisata Pantai Randusanga Indah. Bentuk informasi ini dapat
berupa peta, buku petunjuk, video, artikel majalah, narasi dari tour
guide, brosur dan sebagainya Mengingat aktivitas kepariwisataan berkaitan
dengan kunjungan wisatawan, maka untuk dapat menarik wisatawan diperlukan
promosi wisata, melalui berbagai cara dan kesempatan.
Kegiatan promosi wisata
yang dilakukan seorang manajer itu pada dasarnya dimaksudkan untuk mempengaruhi
calon wisatawan untuk berkunjung ke Obyek Wisata Pantai Randusanga Indah.
Kegiatan promosi seperti
:
Selain kegiatan promosi,
Obyek Wisata Pantai Randusanga Indah juga harus menawarkan wisata produk yang
dapat menarik para wisatawan agar berkunjung dan menikmati keindahan Obyek
Wisata Pantai Randusanga Indah yaitu dengan:
1. Atraksi wisata yang baik akan dapat mendatangkan
wisatawan sebanyak-banyaknya, menahan wisatawan di tempat atraksi dalam waktu
yang cukup lama dan memberikan kepuasan kepada wisatawan yang datang
berkunjung.
2. Sarana wisata merupakan gabungan dari berbagai
aktivitas yang berkaitan dengan upaya untuk memberikan kepuasan kepada
wisatawan. Pelayanan akomodasi yang diperlukan dalam pariwisata berupa
penyediaan berbagai sarana akomodasi seperti hotel, motel, cottage, penginapan,
pondok wisata, vila dan lain sebagainya
3. Aksesibilitas merupakan segala sesuatu yang
dapat memberi kemudahan kepada wisatawan untuk dapat berkunjung pada suatu
tempat. Komponen-komponen yang perlu diperhatikan dari aksesibilitas adalah
transportasi,infrastruktur, peraturan pemerintah dan prosedur operasional.
No comments:
Post a Comment