Thursday, October 4, 2012

ASPEK KEINDAHAN DALAM MEMASARKAN LOKASI WISATA


 Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, pemandangan alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah ( perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya.
Keindahan dalam arti yang luas merupakan pengertian yang mengandung arti kebaikan dan menyenangkan. Keindahan dalam arti yang sempit menyangkut benda-benda yang dapat diserap oleh penglihatan
Teori objektif berpendapat bahwa keindahan atau ciri-ciri khusus yang membuat sesuatu benda menjadi indah atau bernilai estetis adalah terpenuhinya azas-azas tertentu mengenai bentuk pada sesuatu benda, terlepas dari orang yang mengamatinya. Pengamatan seseorang hanyalah menemukan atau menyingkapkan sifat-sifat indah yang sudah ada pada sesuatu benda dan pengamatan, sama sekali tidak berpengaruh untuk mengubah keindahan tersebut, seperti karya seni yang diciptakan seseorang. Sebaliknya teori subjektif tentang keindahan mengatakan bahwa keindahan bukan dari ciri-ciri khusus tetapi tanggapan perasaan dalam diri seseorang yang mengamati sesuatu benda artinya keindahan semata-mata tergantung pada penyerapan dari sipengamat tersebut. Keindahan berhubungan erat dengan keserasian dan kehalusan seperti model busana dimana tercapai keseimbangan yang sesuai dengan bentuk tubuhnya, tinggi badan, bentuk wajah dan modal rambutnya. Didukung oleh perilakunya yang halus dan sopan, lemah lembut dalam mengucapkan kata dan  rendah hati. Sehingga menimbulkan efek yang positif bagi yang melihat ataupun merasakan keindahan itu sendiri..
Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang menyimpan banyak potensi alam baik daratan maupun lautan (pantai). 
Banyaknya wisatawan dengan intensitas tinggi yang berkunjung ke Indonesia, ini merupakan salah satu keuntungan yang dapat meningkatkan devisa untuk pembangunan bangsa dan negara
Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Berdasarkan data tahun 2010, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sebesar 7 juta lebih atau tumbuh sebesar 10,74% dibandingkan tahun sebelumnya, dan menyumbangkan devisa bagi negara sebesar 7.603,45 juta dolar Amerika Serikat.
Potensi yang besar ini seharusnya dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi. Jika dilihat dari aspek pemasaran,seharusnya sseorang manajer dapat melakukan: proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion).
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi prodeusen atau distributor mengharapkan kenaikan angka penjualan. 
Tujuan promosi di antaranya adalah:
1.   Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2.   Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
3.   Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4.   Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5.   Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6.   Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
7.   Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen
Beberapa cara untuk melakukan promosi adalah:
1.   Melalui e-mail
2.   Melalui sms
3.   Melalui pembicaraan
4.   Melalui iklan

Pada dasarnya Marketing Mix terdiri dari 4 P. Dari sudut pandang Konsumen, 4 P tersebut bisa dijelaskan dalam 4 C :
1.       Product  adalah Customer Solution
Produk adalah suatu materi yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen, baik berupa barang atau jasa.   Produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke suatu kelompok pelanggan atau pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan.  Artinya manfaat produk tersebut akan menjadi solusi dari kebutuhan atau keinginan konsumen.

2.       Price adalah Customer Cost
Harga adalah jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk memperoleh produk yang dipasarkan. Artinya Harga adalah besar pengorbanan konsumen untuk mendapatkan produk yang dapat memenuhi kebutuhannya. Bagi produsen Harga juga sangat penting karena menentukan tingkat laba perusahaan, dengan kata lain juga keberlangsungan perusahaan.
Besarnya harga juga menjadi pertimbangan dalam menentukan segmen pasar yang dibidik, apakah dapat terjangkau oleh konsumennya atau tidak. Dengan demikian juga dapat diperhitungkan target penjualan yang akan dicapai oleh perusahaan.
3.       Promotion adalah Communication
Promosi dapat diinterpretasikan dalam dua cara :
Promosi adalah cara berkomunikasi kepada konsumen, baik melalui iklan, personal selling, atau Public Relation. Promosi juga bisa dengan cara Word-of-mouth yang merupakan komunikasi informal secara perorangan.  Sering dilakukan oleh tenaga sales. Promosi juga akan memberikan brand imagekonsumen terhadap produk.

4.       Place adalah Convenience
Place bermakna menyediakan produk pada suatu tempat yang memberikan kenyamanan bagi konsumen untuk mengaksesnya. Place juga bisa disamakan dengan channel atau distribusi. Penyebaran outlet-outlet di berbagai tempat strategis termasuk salah satu upaya untuk memenuhi kenyamanan ini.

Extended Marketing Mix menambahkan 3 P lagi, sehingga menjadi 7 P, dan merupakan strategi pemasaran yang mengembangkan variable yang controllable dari 4 P semula. Jika Bauran Pemasaran 4 P semula lebih diarahkan pada produk berwujud (goods), maka 3 P berikutnya lebih digunakan pada industri jasa.
Berikut ini adalah 3 P yang ditambahkan :
5.       People
People (orang) dibutuhkan untuk memulai proses transaksi.  Jadi semua orang yang secara langsung mau pun tidak langsung terlibat dalam penggunaan jasa oleh konsumen merupakan bagian yang penting dalam Bauran Pemasaran.  Karyawan dan manajemen yang cerdas sering memberikan nilai tambah yang tinggi pada total penawaran produk atau jasa dari suatu perusahaan.
6.       Process
Menggambarkan prosedur, mekanisme dan aliran kegiatan yang dialami konsumen tersebut untuk mendapatkan pelayanan jasa. Proses manajemen pelanggan tersebut merupakan bagian yang penting dalam suatu strategi pemasaran. Dalam pelayanan pelanggan, sejumlah proses terlibat dalam rangka keberhasilan pemasaran. Misalnya proses untuk penanganan keluhan pelanggan, proses mengidentifikasi kebutuhan dan persyaratan pelanggan, atau proses untuk menangani order. 

7.       Physical Evidence
Merupakan alat untuk meyakinkan konsumen. Memperlihatkan kemampuan perusahaan untuk memberikan pelayanan, baik dengan bukti fisik yang mendukung komunikasi dan pelayanan, mau pun bukti tidak berwujud berupa pengalaman dari konsumen yang sudah ada dan perusahaan dapat memanfaatkan kesaksian pelanggan yang puas tersebut kepada calon pelanggan potensial lainnya.
Dari hasil browsing di internet, dapat ditemukan beberapa tambahan untuk Extended Marketing Mix lainnya, antara lain :
Pace = kecepatan pengenalan produk-produk baru kepada konsumen di pasar.
Perception = cara pandang sekelompok orang terhadap produk, terutama para konsumen.  Persepsi konsumen dapat direkayasa dengan berbagai informasi dan komunikasi.
Packaging = kemasan merupakan kontak pertama pelanggan pada produk. Kesan pelanggan terbentuk pada saat pertama kali melihat kemasannya (first impression last longest).
Publicity = pembentukan citra perusahaan harus dikembangkan untuk menarik pelanggan baru.
Patience = terutama dalam industri jasa, kesabaran penanganan pelanggan sangat menentukan sukses tidaknya pemasaran suatu produk.
Programming = pemanfaatan IT (Information Technology) untuk meningkatkan akses dari dan kepada pelanggan. Sangat menentukan dalam era E-commerce sekarang ini.

Pariwisata menurut A.J. Burkart dan S. Medlik dalam Soekadijo (1997:3) adalah
Perpindahan orang untuk sementara (dan) dalam jangka waktu pendek ke tujuan-tujuan diluar tempat di mana mereka biasanya hidup dan bekerja, dan kegiatan-kegiatan mereka selama tinggal di tempat-tempat tujuan itu. Pariwisata merupakan salah satu industri baru yang mampu menyediakan pertumbuhan ekonomi yang cepat dalam hal kesempatan kerja, pendapatan, taraf hidup dan dalam mengaktifkan sektor produksi lain di dalam negara penerima wisatawan.
Pariwisata sebagai suatu industri yang kompleks, yang meliputi industri-industri lain seperti industri perhotelan, industri rumah makan, industri kerajinan/ cinderamata, industri perjalanan dan sebagainya. Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang menyimpan banyak potensi alam baik daratan maupun lautan (pantai). Sebagai contohnya yaitu obyek wisata pantai Randusanga. Obyek Wisata Pantai Randusanga Indah merupakan satu-satunya obyek wisata pantai yang ada di Kabupaten Brebes, terletak di Kelurahan Randusanga Wetan, Kecamatan Brebes yang berjarak + 6 Km dari Kota Brebes.
Pemberian informasi kepada wisatawan sangat penting dilakukan, karena dapat memberikan gambaran yang menyeluruh kepada wisatawan dan calon wisatawan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan kepariwisataan yang ada di Obyek Wisata Pantai Randusanga Indah. Bentuk informasi ini dapat berupa peta, buku petunjuk, video, artikel majalah, narasi dari tour guide, brosur dan sebagainya Mengingat aktivitas kepariwisataan berkaitan dengan kunjungan wisatawan, maka untuk dapat menarik wisatawan diperlukan promosi wisata, melalui berbagai cara dan kesempatan.
Kegiatan promosi wisata yang dilakukan seorang manajer itu pada dasarnya dimaksudkan untuk mempengaruhi calon wisatawan untuk berkunjung ke Obyek Wisata Pantai Randusanga Indah.
Kegiatan promosi seperti :
Selain kegiatan promosi, Obyek Wisata Pantai Randusanga Indah juga harus menawarkan wisata produk yang dapat menarik para wisatawan agar berkunjung dan menikmati keindahan Obyek Wisata Pantai Randusanga Indah yaitu dengan:
1.    Atraksi wisata yang baik akan dapat mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya, menahan wisatawan di tempat atraksi dalam waktu yang cukup lama dan memberikan kepuasan kepada wisatawan yang datang berkunjung.
2.    Sarana wisata merupakan gabungan dari berbagai aktivitas yang berkaitan dengan upaya untuk memberikan kepuasan kepada wisatawan. Pelayanan akomodasi yang diperlukan dalam pariwisata berupa penyediaan berbagai sarana akomodasi seperti hotel, motel, cottage, penginapan, pondok wisata, vila dan lain sebagainya
3.    Aksesibilitas merupakan segala sesuatu yang dapat memberi kemudahan kepada wisatawan untuk dapat berkunjung pada suatu tempat. Komponen-komponen yang perlu diperhatikan dari aksesibilitas adalah transportasi,infrastruktur, peraturan pemerintah dan prosedur operasional.









No comments:

Post a Comment