Tuesday, October 9, 2012

MENGELOLA PENANGGULANGAN BENCANA


Penderitaan merupakan realitas dunia,juga realtias manusia. Maksudnya bahwa didunia itu pasti ada penderitaan,dan penderitaan itu pasti akan terjadi pada manusia. Penderitaan disebabkan oleh beberapa hal. Ada penderitaan karena alasan fisik seperti bencana alam,penyakit dan kematian, ada pula penderitaan karena alasan moral seperti kekecewaan dalam hidup,kebencian kepada orang lain.
Bangsa Indonesia menyimpan penderitaan karena alasan moral yang disebabkan adanya stempel ekstrim kanan dan ekstrim kiri yang berlanjut dengan perlakuan diskriminasi. Setiap penderitaan harus memiliki jalan keluar,tergantung besar kecilnya penderitaan tersebut.
Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan baik oleh faktor alam dan/atau faktor non-alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.
Seperti halnya contoh penderitaan yang dialami oleh bencana alam. Bencana alam merupakan contoh mendasar yang butuh penanggulangan.  Penyelenggaraan penanggulangan bencana adalah serangkaian upaya yang meliputi penetapan kebijakan pembangunan yang berisiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, serta kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi.
Penanggulangan tersebut membutuhkan seorang pemimpin atau seorang manajer yang mengatur dan merencanakan strategi penanggulangan terhadap korban bencana alam.
Strategi yang dibutuhkan seperti
·         Meningkatkan jumlah dan mutu bantuan sosial bagi korban bencana alam atau pengungsi
·         Meningkatkan kualitas SDM bagi petugas penanggulangan bencana khususnya dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan.
·         Meningkatkan anggaran bantuan sosial bagi korban bencana alam
·         Membentuk jaringan komunikasi dan informasi penanggulangan bencana alam
·       Serta menyempurnakan mekanisme bantuan sosial korban bencana alam sesuai dengan perubahan paradigma yang terus berkembang

Selain menanggulangi bencana, seorang pemimpin yang baik juga harus melakukan perencanaan dalam penanggulangan yang matang dalam menangani bencana alam seperti dilakukan dalam bentuk:
a. penyusunan kebijakan dan strategi penanggulangan bencana;
b. penyusunan perencanaan penanggulangan bencana;
c. penentuan standar kebutuhan minimun;
d. pembuatan prosedur tanggap darurat bencana;
e. pengurangan resiko bencana;
f. pembuatan peta rawan bencana;
g. penyusunan anggaran penanggulangan bencana;
h. penyediaan sumberdaya/logistik penanggulangan
bencana;dan
i. pendidikan dan pelatihan, penyelenggaraan gladi/simulasi
penanggulangan bencana.

Namun dalam bekerja tentu seorang manajer dan pemimpin membutuhkan bantuan dari berbagai pihak. Kerja sama dalam menanggulangi bencana menjadi kunci sukses dalam penanggulangan tersebut.

No comments:

Post a Comment