Sunday, March 31, 2013

ANALISA BAURAN PEMASARAN


Bauran pemasaran adalah resep sederhana dan manjur untuk diikuti. Satukan bahan pokoknya ; produk, harga, tempat, dan promosi. Dengan perbandingan yang tepat, makan akan kita dapat banyak hasil pemasaran yang efektif dan strategis. 

Bauran pemasaran dikenal sebagai “Empat P” yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion).  Pemasaran menyangkut pengembangan produk yang tepat, penentuan harga yang tepat, pengiriman ke tempat yang tepatdan promosi. Bahan baku bauran pemasaran bagi semua organisasi sama,hanya proporsinya yang berbeda. 

Di wilayah yang pelanggannya peduli harga, misalnya, maka menentukan harga yang tepat menjadi hal utama. 
Menentukan harga juga adalah hal yang terpenting. Harga adalah unsure bauran pemasaran yang paling fleksibel,karena dapat diubah dengan cepat dan mudah. Tetapi keuntungan kita ditentukan oleh penentuan harga yang tepat. Harga jual rendah berarti keuntungan tipis dan sangat bergantung pada volume penjualan . kelesuan pasar bisa membuat kita gulung tikar. 

Tidak ada kaitan tetap antara harga dan biaya; kita bisa naikkan harga walau biaya tidak naik, atau sebaliknya. Pantau harga pesaing agar kita tahu persis apa yang terjai di pasar, usahakan untuk memahami strategi pesaing, baru kita susun strategi harga. 

Selain itu, pertimbangkan untuk menjual nilai bukan harga. Penjualan berbasis harga hanya menarik pelanggan yang sudah ada dipasar dan mencari yang murah. Penjualan berbasis nilai bisa menarik orang yang tidak sadar kalau mereka memerlukan produk tersebut.  

Comment : Marketing mix is plain recipe and efficacious for marketing strategic. its all about four P. Product,place,price and promotion. With appropriate comparison, we can get a good marketing. 

SOURCE : Marketing Effectively by Moi Ali 

No comments:

Post a Comment