Sunday, March 31, 2013

MENCIPTAKAN PRODUK UNGGUL


Produk umumnya punya siklus hidup; sebagian menajdi tua dan mati, sementara yang lain perlu disesuaikan. Ubah, perbaiki, ganti kemasa, merek, model, atau tingkatkan produk agar menarik pasar masa kini. Sebelum menghabisan waktu dan tenaga untuk mengembangkan produk baru, pelajari produk yang ada. Hindari pembuatan prouk baru yang akan mematian prouk yang ada. Untuk mendapat ide terbaik peningkatan produk, tanyakan kepada pelanggan kita. 

Dapatkan pandangan dan saran mereka melalui kuesioner, kartu komentar, kelompok diskusi, atau forum pelanggan, sehingga bisa kita tawarkan peningkatan sesuai tuntutan pelanggan. Buat produk tetap menarik dengan menawarkan varian baru, edisi terbatas, bonus, resep khusus, dan versi lebih sempurna. 

Lalu, bila ada penyempurnaan produk segera beritahu pelanggan. Jadikan hal ini alasan untuk menulis atau menelpon atau mengunjungi. Pastian iklan kita menyebutkan penyempurnaan dan gunakan  kemasan untuk menarik perhatian. Tegaskan pula penyempurnaan dalam materi publisitas. Pernyempurnaan yang signifikan bisa menajdi landasan bagi aktivitas promosi baru untuk membangkitkan penjualan kembali. 
Selain mempromosikan penyempurnaan produk, kita juga harus belajar dari pesaing. Pelajari para pesaing, mungkin ada ide atau praktek kerja mereka yang patut kita tiru. Sebagai anggota publik, coba penyempurnaan atas produk dan layanan mereka. Dapatkan materi publisitasnya. Telepon bagian penerangannya. Baca iklannya. Kunjungi salah satu gerainya. Pelajari organisasi-organisasi sektor lain. 

Adakah pelajaran yang bisa kita ambil? Ide baik apa yang bisa kita transfer atau adaptasi? Coba sempurnakan produk yang ada dengan menyatukan unsur-unsur terbaik dari produk-produk lain agart tercipta produk tak tertandingi.   

Comment : The conclusion in this topic is about product. How can we create a good product and what steps we must take to make a compete product with another company. 

SOURCE : Marketing Effectively by Moi Ali 

No comments:

Post a Comment