Sunday, March 31, 2013

KEPEMIMPINAN DI DALAM MANAJEMEN


Pemimpin pada hakikatnya adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain di dalam kerjanya dengan menggunakan kekuasaan. Kekuasaan adalah kemampuan 
untuk mengarahkan dan mempengaruhi bawahan sehubungan dengan tugas-tugas yang harus dilaksanakannya.

Ada 3 implikasi penting yaitu pertama, kepemimpinan menyangkut orang lain-bawahan atau pengikut. Disini terdapat unsure kesediaan bawahan untuk menerima pengarahan dari pemimpin. 
Kedua, kepemimpinan menyangkut suatu pembagian kekuasaan yang tidak seimbang. Disini pemimpin mempunyai wewenang untuk mengarahkan bawahan, akan tetapi bawahan tidak dapat mengarahkan kegiatan pemimpin. 
Ketiga, selain dapat memberikan pengarahan kepada bawahan, pemimpin juga dapat mempergunakan pengaruh. 
Dengan kata lain, pemimpin tidak hanya dapat memerintah bawahan apa yang harus dilakukan, akan tetapi juga dapat mempengaruhi bawahan melaksanakan perintahnya. 

Dari beberapa hal tersebut diatas, diketahui bahwa bagaimana pemimpin berperilaku akan sangat berpengaruh terhadap roda organisasi yang mana tingkah laku tersebut akan banyak dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuannya, nilai-nilai dan pengalaman mereka. Pemimpin mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi perkembangan organisasi. Untuk itulah, setiap organisasi harus bisa menemukan pemimpin-pemimpin yang sesuai sehingga visi dan misi organisasi bisa terwujud sesuai dengan harapan.

Karakteristik pemimpin adalah sebagai berikut; 
a. Kemampuan dalam kedudukannya sebagai pengawas
b. Kebutuhan akan prestasi dalam pekerjaan,
c. Kecerdasan, mencakup kebijakan, pemikiran kreatif dan daya pikir. 
d. Ketegasan
e. Kepercayaan diri
f. Inisiatif

Comment : In my opinion about this topic is leader is the most important thing in organization and very influential with companies growth. So that, every company could find a good leader to realize their vision and mision.   

SOURCE: Effective Leadership by Robert Heller

No comments:

Post a Comment