Sunday, March 31, 2013

PERAN PEMASARAN DALAM MANAJEMEN


Pemasaran adalah disiplin bisnis yang penting; kontribusinya bagi keberhasilan organisasi tidak bisa disangkal. Pemasaran yang baik menjadikan produk lebih kuat, pelanggan lebih puas, keuntungan lebih besar. 

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan memahami pemasaran itu sendiri. Pemasaran sering digambarkan sebagai “membuat yang bisa dijula,bukan menjual yang bisa dibuat.”
Organisasi yang menjual apa yang mereka buat,mengacu kepada produk,membuat produk baru memikiran pelanggan. Bagi mereka pemasaran hanyalah membuat orang membeli. Organisasi paling sukses membuat yang bisa dijual. Mereka mengacu kepada pelanggan, menciptakan produk dan jasa sebagai respons kebutuhan pelanggan.

Setelah mengerti akan definisi pemasaran,selanjutnya adalah dengan menganani pemasaran secara serius. Perhatikan setiap aspek pemasaran, bukan hanya promosi dan teknik menjual. Dengan menangansi pemasaran secara serius an mengakui pengaruhnya, kita akan memetik buah dari pemasaran yang baik: pelanggan yang puas dan setia, pelanggan yang berkembang, produk yang popular dan laku, perputaran yang meningkat, lebih banyak rekomendasi dan pelangganan ulang, juga lebih sedikir complain. 

Hasil akhirnya adalah keuntungan lebih besar, yang merupakan alasan paling kuat untuk meningkatkan kinerja pemasaran.  Kita juga lebih berpeluang menikmati sukses secara menyeluruh dan dicemburui para pesaing. 

Comment : In my opinion, a good marketing will make a strong excellence and superior product, customer satisfaction and the most important is greater profits. 

SOURCE : Marketing Effectively by Moi Ali     

No comments:

Post a Comment